10 Pelatih Muda yang Bersinar

Bookmark and Share
Andre Villas-Boas
Selalu menarik kita lihat sepak terjang pelatih muda di industri sepak bola modern, termasuk pelatih baru Chelsea, Andre Villas-Boas.


Villas-Boas akan beradu taktik dengan pelatih senior Premier League macam Sir Alex Ferguson, Arsene Wenger, Harry Redknapp, hingga Kenny Dalglish, yang semuanya berusia dua kali lebih tua dari Villas-Boas.

Berikut beberapa pelatih muda berusia di bawah 40 tahun yang pantas disimak kiprahnya musim 2011-12 mendatang.

ANDRE VILLAS BOAS (33 tahun, Chelsea)
Gabung Chelsea dengan sederet rekor fenomenal. Juara Liga Portugal tanpa terkalahkan ketika masih tersisa lima pertandingan. Juara Liga Europa dengan Falcao sebagai top skor Eropa. Villas-Boas tujuh tahun lebih muda dari Mourinho ketika meraih gelar juara bersama Porto.

EDDIE HOWE (33 tahun, Burnley)
Membawa tim divisi tiga Inggris, Bournemouth, bertahan di League Two musim 2008-09 sebelum meraih promosi ke League One musim berikutnya. Pada bulan Januari tahun ini, Howe melatih tim divisi satu Burnley. Sempat kesulitan di awal karir, namun masih berpeluang meraih prestasi musim depan.

THOMAS TUCHEL (37 tahun, Mainz)
Pelatih Mainz setelah tim itu promosi ke Bundesliga tahun 2009 lalu. Mengakhiri kompetisi di peringkat sembilan pada musim pertamanya di Bundesliga dan musim lalu sempat membawa Mainz ke peringkat lima.

LEE CLARK (38 tahun, Huddersfield)
Pesaing Southampton dalam perebutan tiket promosi ke divisi satu Inggris musim lalu dan sempat dikabarkan sebagai kandidat pengganti Mark Hughes di Fulham.

KARL ROBINSON (30 tahun, MK Dons)
Pelatih termuda di Football League, sempat menjadi pelatih di tim akademi Liverpool dan menjadi asisten pelatih Blackburn Rovers, sebelum menerima tawaran sebagai pelatih tim divisi dua, MK Dons, meraih papan atas League One.

MARKUS BABEL (38 tahun, Hertha Berlin)
Mantan bek Liverpool, meraih tiket Liga Champions bersama Stuttgart musim 2008-09 dan 16 besar musim berikutnya. Setelah Mario Gomez dan Sami Khedira dijual, prestasi Stuttgart terjun bebas dan Babbel dipecat. Ia kemudian melatih tim divisi satu Hertha Berlin dan langsung promosi ke Bundesliga dengan status juara divisi satu.

NEIL LENNON (39 tahun, Celtic)
Bukan pekerjaan mudah menjadi pelatih Celtic. Musim lalu Lennon harus mengakui keunggulan Rangers di liga dan Piala FA Skotlandia. Meski mengakhiri kompetisi dengan tangan kosong, ia masih dipercaya menjadi pelatih Celtic karena mampu membangun semangat dan kebersamaan di Parkhead.

MALKY MACKAY (39 tahun, Watford)
Musim pertamanya bersama Watford berjalan sulit, namun ia mampu menyelamatkan tim itu dari degradasi dan sempat dikabarkan menjadi asisten pelatih Alan Pardew di Newcastle.

DARREN FERGUSON (39 tahun, Peterborough United)
Putra dari manajer terbaik sepanjang masa. Darren Ferguson perlahan namun pasti mulai menunjukkan tangan dinginnya sebagai pelatih. Ia membawa Peterborough promosi ke divisi satu setelah pada pertengahan musim lalu dipecat Preston. Bukan tak mungkin Peterborough akan menjadi batu loncatan penting dalam karir Ferguson.

BRENDAN RODGERS (38 tahun, Swansea City)
Membawa Swansea menjadi tim Wales pertama di Premier League. Ia mewarisi taktik kepelatihan Jose Mourinho karena pernah menjadi asisten di Chelsea. Menarik ditunggu adu taktik Rodgers dengan sesama penerus Mourinho, Villas-Boas.

Bagaimana, anda punya kandidat pelatih muda lain yang layak masuk deretan Andre Villas-Boas dkk?

Related Post:

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

 
hostgator coupon