Porto, Klub Terhebat Abad 21

Bookmark and Share
 Tim Eropa mana yang berpredikat sebagai klub terhebat di abad 21, dilihat dari jumlah koleksi trofi juara? Manchester United, Barcelona, Real Madrid, atau Inter Milan? Bukan!


Jawabannya adalah Porto!

Mengacu pada kompetisi resmi pada 30 negara anggota UEFA, tim asal Portugal yang baru saja menjuarai Liga Europa 2010/11 itu menjadi tim dengan koleksi trofi terbanyak di abad 21 dengan total 22 gelar juara, mulai gelar domestik, Eropa, dan Interkontinental. Daftar ini

Total, sejak tahun 2000 lalu Porto sudah 22 kali juara, dengan rincian tujuh kali juara Liga Portugal, lima Piala Portugal, enam Piala Super Portugal, satu Liga Champions, dua Piala UEFA/Liga Europa, dan satu Piala Interkontinental.

Di urutan kedua tim pengoleksi gelar terbanyak Eropa adalah Dinamo Zagreb (Kroasia), dengan koleksi 17 trofi juara, masing-masing tujuh juara liga, enam piala domestik, dan empat piala super.

Manchester United dan Bayern Munich ada di peringkat tiga dengan masing-masing mengoleksi 16 trofi juara. Bayern enam kali juara Bundesliga, lima Piala Jerman, dua Piala Liga, dan masing-masing satu Piala Super, Liga Champions, dan Piala Interkontinental.

Sedangkan United sejak tahun 2000 meraih enam juara liga, satu Piala FA, tiga Piala Liga, empat Charity Shield, dan masing-masing satu Liga Champions dan Piala Dunia Antar Klub. United berpeluang menambah koleksi piala bila mampu mengalahkan Barcelona di final Liga Champions, 28 Mei nanti.

Lyon dan Rangers berada di urutan lima dengan total 15 gelar juara, diikuti Olympiakos, Inter Milan, Barcelona, dan Shakhtar Donetsk dengan total 14 gelar juara.

Satu catatan tambahan, Porto masih bisa menambah koleksi trofi mereka menjadi 23 sekaligus meraih treble winners bila mampu mengalahkan Vitoria Guimaraes pada final Piala Portugal, Minggu (22/5).

Gelar treble winners yang bahkan tak mampu diraih Barcelona dan Manchester United sekalipun musim ini.

Berikut daftar klub Eropa pengoleksi gelar juara terbanyak di abad 21.
(hingga 21 Mei 2011)
22 gelar juara – FC Porto (Portugal)
17 – Dinamo Zagreb (Kroasia)
16 – Bayern Munique (Jerman) dan Manchester United (Inggris)
15 – Lyon (Prancis) dan Rangers (Skotlandia)
14 – Olympiakos (Yunani), Inter (Italia), Barcelona (Spanyol) dan Shaktar Donetsk (Ukraina)

Related Post:

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

 
hostgator coupon